Airbus A380, Pesawat Komersial Terbesar Dengan Full Fasilitas

A380-861Pesawat Airbus A380 diproduksi oleh Airbus S.A.S. Pesawat ini adalah sebuah pesawat dengan dua tingkat, dengan empat mesin yang mampu memuat 850 penumpang dalam konfigurasi satu kelas atau 555 penumpang dalam konfigurasi tiga kelas. Pesawat ini melaksanakan penerbangan perdana pada 27 April 2005 dan akan memulai penerbangan komersial pada akhir tahun 2007 setelah ditunda beberapa kali. Pesawat ini juga merupakan pesawat komersial (pesawat penumpang) terbesar yang pernah dibuat.

Saat pesawat pertama dibuat dan terbang mengangkasa, ukuran pesawat terus dibuat semakin besar. Pada tahun 1950 boeing memproduksi 707 yang besar. kemudian pada tahun 1970, boeing memproduksi dan meluncurkan boeing 747 yang berukuran lebih besar lagi. Tahun 2006, pesawat raksasa A380 baru mengangkasa.

Saat ini Airbus A380 adalah pesawat terbang sipil yang paling ambisius. Ketika memasuki layanan pada bulan Maret 2006, A380 akan menjadi pesawat terbang terbesar di dunia, melebihi Boeing 747. Airbus memulai pembuatan pesawat terbang besar ini dengan model A3XX, pada bulan Juni 1994.

Karena saking besarnya, maka desainnya disesuaikan dengan infrastruktur yang sudah ada di bandara dengan sedikit modifikasi dibandara tersebut,dengan biaya operasional per kursi sekitar 15-20% lebih kecil dari pada yang terdapat pada Boeing 747-400. Dengan luas lantai 49% lebih banyak, lebih banyak ruang dan 35% tempat duduk lebih banyak dari pesawat komersial terbesar yang pernah ada. Airbus memastikan bahwa kursi yang ada lebih luas dan lebih nyaman untuk kenyamanan penumpang. Menggunakan teknologi yang paling maju, yang A380 ini juga dirancang untuk memiliki emisi bahan bakar 10-15% lebih rendah, dan menhasilkan sedikit kebisingan.

Airbus A380-861

Airbus A380-861

Airbus A380-841

Airbus A380-841

landing gear A380. Roda sebanyak ini diperlukan untuk menopang berat A380 yang beratnya sekitar 277 ton

Landing gears A380-861

Landing gears A380-861

Landing gears A380-861

Landing gears A380-861

Kokpit pada pesawat ini juga didesan dengan sangat modern dengan menggunakan layar model LCD

kokpit A380-841

kokpit A380-841

Kokpit A380-841

Kokpit A380-841

landing gear A380. Roda sebanyak ini diperlukan untuk menopang berat A380 yang beratnya sekitar 277 ton

Beberapa model A380 yang direncanakan yaitu sebagai dasar pesawat terbang adalah 555 kursi A380-800 (memulai pelanggan Emirates). Dengan 590 ton MTOW 10.410 km (5620nm) A380-800F pesawat akan mampu membawa 150 ton dan payload saat memasuki layanan pada 2008 (dimulai dari FedEx). Potensi masa depan akan meliputi model-model yang lain dengan jumlah kursi yang berbeda seperti, 480 kursi pada A380-700, 656 kursi pada A380-900. Pada tahun 2002 lebih dari 6.000 orang bekerja pada pengembangan A380.

Kontraktor utama untuk pesawat ini berasal dari Perancis, Jerman, Inggris dan Spanyol, komponen untuk A380 airframe juga diproduksi oleh industri mitra di Australia, Austria, Belgia, Kanada, Finlandia, Italia, Jepang, Korea Selatan, Malaysia, Belanda, Swedia , Swiss dan Amerika Serikat. Perakitan/pembuatan tahap akhir A380 berlangsung di Toulouse, Perancis, dengan interior fitment di Hamburg, Jerman.

Pada tanggal 24 Juli 2000, Emirates menjadi pelanggan/pemesan pertama, diikuti oleh Air France, International Lease Finance Corporation (ILFC), Singapore Airlines, Qantas dan Virgin Atlantic. Bersama ini perusahaan menyelesaikan 50 pesanan. Kemudian berikutnya menyusul FedEx (peluncuran pelanggan untuk kapal pengangkut A380-800F), Qatar Airways, Lufthansa, Korea Air, Malaysia Airlines, Etihad Airways, Thai Airways dan UPS.

Pesawat ini mempunyai mesin empat mesin buatan Rolls-Royce Trent-900 yang mampu memberikan daya dorong 36.280 kg atau empat mesin kipas turbo Alliance Gp 7200, dengan daya dorong 37.003 kg.

Pesawat A380 versi standar memiliki 854 kursi untuk penumpang, sementara A380-900 memiliki 1000 kursi untuk penumpang. di atas pesawat ini terdapat pusat pembelanjaan,tempat bermain anak-anak, dan fasilitas-fasilitas lainya.

Airbus A380 VIP ‘Flying Palace’

Rancang bangun interior Airbus A380 berpenumpang 20 atau 60 orang berisikan peralatan lengkap kantor atau ruang tidur, kursi nyaman, cocktail bar atau ruang makan dining atau relaxing zone dengan super-size TV screen.

Emirates A380-861 kecil

Kabin A380-861 pada Maskapai Emirates untuk kelas ekonomi

kabin Singapore Airlines A380-841 kelas ekonomi

kabin Singapore Airlines A380-841 kelas ekonomi

Singapore Airlines A380-841

Singapore Airlines A380-841

Mesin

Tenaga disediakan dengan pilihan mesin turbofan Rolls-Royce Trent atau Engine Alliance GP7200. Rolls-Royce Trent pada awalnya menang dalam kompetisi (dipesan lebih banyak oleh para pemesan A380) namun, Engine Alliance memulihkan penjualannya dan pada sekarang ini mesinnya mendapat setengah bagian pasar.

Peluncuran

Airbus A380 diperlihatkan untuk pertama kalinya kepada publik pada Pada Januari 18, 2005, peluncuran Airbus A380 secara resmi dinyatakan dalam sebuah upacara yang sangat mewah, dihadiri 5.000 tamu yang diundang termasuk Perancis, Jerman, Inggris dan presiden Spanyol dan perdana menteri, yang merupakan negara yang berinvestasi 10 tahun, € 10 miliar + ($ 13 miliar) dalam program pesawat terbang, dan CEOs dari 14 A380 pelanggan, yang telah ditempatkan perusahaan untuk pesanan 149 pesawat terbang.Januari 2005. A380 melakukan penerbangan perdananya pada 27 April 2005 dari Blagnac Toulouse International Airport, Toulouse, Perancis pada 8:29 UTC dan kembali mendarat dengan selamat pada 12:22 UTC di bandara yang sama.

Fasilitas

Airbus dan maskapai penerbangan yang akan menggunakan A380 menekankan kemampuan pesawat ini yang meningkatkan kenyamanan penumpang seperti kabin yang lebih luas dan berbagai fasilitas lain seperti bar, toko-toko, bahkan kasino seperti yang diumumkan oleh Virgin Atlantic.

Kelas bisnis A380 pada maskapai Emirates.

Kelas bisnis A380 pada maskapai Emirates.

Tempat duduk kelas bisnis pada A380. Dipercantik dengan model aksesori menyerupai kayu pada meja

Tempat duduk kelas bisnis pada A380-861. Dipercantik dengan model aksesori menyerupai kayu pada meja

Tempat duduk pada sudut ruangan bar pada maskapai Emirates A380-861 yang berkesa elegan

Tempat duduk pada sudut ruangan bar pada maskapai Emirates A380-861 yang berkesan elegan

Ruang kamar Singapore Airlines A380-841. Ga kalah sama hotel berbintang

Ruang kamar Singapore Airlines A380-841. Ga kalah sama hotel berbintang

Mini bar A380-861 pada maskapai Emirates. Ini terletak di lantai atau dek dua

Mini bar A380-861 pada maskapai Emirates. Ini terletak di lantai atau dek dua

Namun, melihat pengalaman Boeing 747 yang dahulu juga menjanjikan hal serupa, kelihatannya ruang yang lebih luas ini kemungkinan tidak akan dipakai untuk hal-hal seperti itu namun hanya akan dipakai untuk meningkatkan kapasitas pesawat dan menekan pengeluaran. Walau begitu, dengan perhitungan kapasitas 555 kursi, A380 seharusnya bisa menghadirkan kabin kelas ekonomi yang lebih luas.

Bandara juga memerlukan modifikasi pada terminalnya untuk dapat mengakomodasi naik turunnya penumpang yang lebih banyak. Gate 2 tingkat juga bisa diharapkan untuk meningkatkan efisiensi.

Opini

Interior kamar tidur di kabin Airbus A380

Opini publik saat pertama kali disajikan Airbus A380 adalah kekaguman akan ukurannya yang sangat besar dibandingkan B747 apalagi setelah melihat bahwa A380 benar-benar memiliki 2 tingkat dari depan sampai belakang.

Walau demikian, banyak juga yang mencemaskan akan terjadi kepadatan di bandara dan fasilitas-fasilitasnya termasuk saat mengambil bagasi dimana saat penumpang semakin banyak, jumlah bagasi yang diangkut akan meningkat.

Pemesanan

Interior ruang makan di kabin Airbus A380

Saat ini, sekitar 15 maskapai penerbangan sudah memesan pesawat A380 ini dengan total 154 order. Pemesanan tertinggi dilakukan oleh Emirates sejumlah 41 buah. Maskapai lain yang juga memesan A380 ini antara lain Lufthansa, Qantas, Singapore Airlines, dan Malaysia Airlines. Airbus sendiri menyatakan bisa memenuhi pesanan 4 buah per bulan.

Penerbangan komersial pertama sudah digembar-gemborkan oleh Singapore Airlines yang sudah mempromosikan bahwa mereka akan menjadi maskapai pertama yang menggunakan A380 untuk rute London dan Sydney dari Singapura yang dijadwalkan dimulai pada akhir Oktober 2007.

Route-Proving
Pada tahun 2006, Airbus A380 telah menjalani 18 hari tur keliling dunia (route-proving) menuju beberapa kota besar di dunia. Route-proving untuk tahun 2006 terbagi atas empat rute, yaitu:

* Toulouse-Singapura-Seoul
* Toulouse-Hong Kong-Tokyo
* Toulouse-Guangzhou-Beijing-Shanghai
* Toulouse-Johannesburg-Sydney-Vancouver

Airbus A380 juga melakukan route-proving kedua pada tahun 2007 selama 12 hari dengan menggunakan nama Lufthansa. Route-proving untuk tahun 2007 terbagi atas tiga rute, yaitu:

* Frankfurt-New York-Chicago
* Frankfurt-Hong Kong
* Frankfurt-Washington D.C.-München

Trivia

* Kedatangan A380 di Hong Kong saat route-proving terlambat dua jam akibat kebocoran salah satu pipa hidrolik di Frankfurt. Di bandara Frankfurt tidak tersedia suku cadang A380 sehingga harus didatangkan dari pabriknya di Toulouse, Perancis.
* Di München, lebih dari 23.000 orang memadati bandar udara Munich untuk melihat pesawat double-decker itu.

Konfigurasi

Airbus baru ini akan dijual dalam dua versi:

* pesawat terbang penumpang (A380-800)
* pesawat terbang penumpang (A380-900)
* pesawat kargo (A380-800F) (150 ton)

Berikut ini adalah spesifikasi Airbus A380

Spesifikasi Airbus A380

Spesifikasi Airbus A380

Pengembangan A380-900

Pada tahun 2009, Airbus akan menambah satu tipe untuk A380 yakni A380-900. Di mana pesawat ini mampu menampung 1000 orang penumpang. Jika dibandingkan dengan A380-800 yang mampu menampung 800 orang penumpang tipe ini mampu memuat 200 orang penumpang lebih banyak. Saat ini banyak maskapai penerbangan yang memiliki armada A380 yang memesan pesawat terbang penumpang terbesar di dunia ini. Untuk mengantisipasi masalah yang besar, pihak bandara Internasional sudah memodifikasi airbridge atau garbaratanya menjadi 2 tingkat.

About these ads

11 Tanggapan

  1. “Kabin A380-861 pada Maskapai Emirates untuk kelas ekonomi” benar-benar keren sekali,, roda pesawatx juga lumayan banyak :D,, apakah indonesia sudah punya? salam kenal

    • indonesia belum ada yang memesan A380 ini.. lagian kalopun pesen mau dipake untuk rute mana? untuk saat ini Garuda yang akan memulai penerbangan ke eropa sekitar semester pertama 2010 sudah memesan Boeing 777-300ER

  2. dapet award dari temen award ini q anugrahkan kembali untuk maz bisa di cek rischan.co.cc

  3. Mantap banar, pingin deh naik pesawat canggih ini…kapan ya bisa naik, doakan lah…..

  4. wah wah mas bagus banget artikelnya. jadi pengen naik pesawat yang satu ni. dari rodanya aku yakin gak mungkin tergelincir. walaupun hujan deras.
    Link mas aku pasang di blog aku silahkan cek
    http://yoyoxcomputer.wordpress.com
    link balik ya mas.

  5. kok nama indonesia g disebut dalam pembuatan a-380

    padahal KAL (korea air line) ,SMEA (malaysia),dan ingris BAE (British aerospace) yang join dengan proyek pembutan komponen A380 semua pesanan meraka di limpahkan ke PT.DI dulunya IPTN ke-3 negara di atas boleh di bilang broker nya mereka cuma punya kantor manegment nya tapi tidak punya pabrik/manufakturing nya …oleh sebab itu pesanan dilimpahkan ke PT.DI .part/kompnen yang di buat di PT.DI untuk A380 adalah di bagian wing penyambung antara fluslage(body pesawat ) dan outer wing…
    seperti sub spar.hing rib 1-4,drive rib ..dll
    bangga dong ternyata indonesia juga punya andil dalam proyek bus udara ini .

    • bangga sih boleh aja….. cuma sayang aja …kenapa juga seperti petani …. uangnya dimakan sama tengkulak….

      kenapa juga indonesia gak tender sendiri… apa gak dipercaya ?

  6. Di indonesia sudah adakah maskapai yg menggunakan airbus A 380 800. Kalau ada, adakah yg melayani route domestik

  7. gede banget sampe seribu seat., Kl smpai trjdi kclkaan, 1000 nyawa melayang sekaligus.. gmana dgn system keamanan’a ?!

  8. A380…hanya bisa masuk d 2 bandara d indo…soeta & hangnadim…inisiatif pmrintah utk m’prluas bandara2 yg ad d indo yg blm mmnuhi syarat A380…khss’y bandara intrnasional…

  9. Memang pesawat airbus A380 adalah pesawat mewah, hanya orang kaya yang bisa menaikinya kira2 bisa g ya naik airbus dengan harga murah heheheh..
    Siapa tahu Indonesia bisa beli?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: